Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC) adalah bahan paling populer untuk kusen jendela. Mengapa demikian? UPVC tidak hanya mudah diproduksi, tetapi juga tahan lama dan relatif bebas perawatan. Anda bahkan dapat memilih warna dan sentuhan akhir agar sesuai dengan estetika rumah Anda.

Meskipun tahan terhadap korosi dan cuaca, jendela UPVC dapat menjadi kotor akibat penumpukan debu jika tidak dirawat dengan baik. Untungnya, membersihkan UPVC itu mudah, yang berarti Anda dapat menjaga jendela Anda terlihat cerah dan segar sepanjang tahun. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara merawat jendela kusen UPVC di hunian Anda. Dengan membersihkan pintu dan kusen jendela UPVC secara teratur, Anda dapat bisa mempertahankan umur UPVC itu sendiri.

Berikut beberapa langkah membersihkan kusen dan  jendela UPVC 

Gunakan penyedot debu

Untuk menghilangkan sedikit kotoran atau lapisan tipis debu dari tepi dan sudut bingkai, Anda cukup menggunakan sikat debu yang biasanya terdapat di penyedot debu (vacuum cleaner). Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk membersihkan debu di sudut jendela Anda.

Buka jendela saat dibersihkan

Bagian bingkai jendela juga merupakan titik penting yang perlu diperhatikan saat melakukan pembersihan. Biasanya, sudut bingkai seringkali tersumbat oleh kotoran hingga menjadi kaku saat dibuka. Jadi, jangan lupakan untuk membersihkan bingkai jendela dengan cara membuka jendela Anda saat dibersihkan.

Gunakan Cairan Pembersih UPVC

Jika UPVC sudah lama tidak dibersihkan, biasanya akan meninggalkan kerak membandel pada jendela. Gunakan Pembersih UPVC dalam bentuk krim atau pasta dan oleskan perlahan pada jendela hingga kotorannya hilang.

Bersihkan menggunakan kain lembut

Setelah Anda membersihkan jendela menggunakan krim/cairan khusus, penting bagi Anda untuk menghilangkan sisa kelembaban yang tersisa. Anda bisa menggunakan kain lembut berbahan microfiber untuk menghilangkan kelembaban akibat cairan pembersih.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara membersihkan UPVC, berikut hal yang harus dihindari saat membersihkan UPVC

Jangan Gunakan Bahan kimia keras

Jauhi produk apa pun yang mengandung pemutih, alkohol putih, alkohol metilasi, penghilang pernis kuku, atau bahan kimia keras lainnya. Mungkin Anda pernah mendengar mitos yang merekomendasikan pembersih semacam itu, tetapi tidak bisa dipercaya. Produk jenis ini hanya akan merusak bingkai UPVC Anda serta menimbulkan risiko pada kusen jendela Anda dan bahkan cat atau wallpaper di sekitarnya.

Hindari Penggunaan Pewarna

Periksa produk pembersih Anda secara menyeluruh sebelum menggunakannya di jendela Anda. Bahkan sabun cuci piring yang tidak berbahaya bisa mengandung pewarna untuk memberi warna cerah. Jika digunakan di UPVC, mereka dapat menodai bingkai jendela Anda yang dan akan sangat sulit untuk diperbaiki.

Jangan Gunakan Spons kasar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kain lembut adalah bahan yang ideal untuk mengelap jendela Anda. Jangan menggunakan penggosok atau spons abrasif karena berisiko menggores UPVC.

Itulah beberapa informasi dan tips tentang bagaimana cara merawat jendela UPVC tetap terlihat sempurna. Tertarik memasang jendela UPVC di rumah Anda? Kami siap melayani Anda. Klik disini untuk hubungi kami dan dapatkan informasi terkini tentang UPVC untuk hunian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *